Selasa, 16 Agustus 2011

Wisata Kuliner di Pekalongan - Semarang - Yogyakarta 2011

Liburan sekolah kemarin menyempatkan diri untuk mudik, tentu saja sambil deg-deg an, bagaimana nih anak-anak betah ngga ya diajak jalan naik mobil yang bisa seharian itu mengingat ada perbaikan jalan di sekitar Brebes. Kami pun berangkat jam 7 pagi, jam 11.30 sudah mulai bermacet-macet an di Brebes, setelah sekitar 1 jam tidak mengalami banyak kemajuan, ada ojek musiman yang muncul akibat kemacetan ini, mereka menawarkan jasa untuk mengantarkan mobil-mobil tersebut melewati jalan-jalan di desa Brebes dengan imbalan bayaran sebesar 25 ribu, sepertinya cukup mahal ya, tapi daripada ngga jelas bermacet-macet an ria seperti itu, kami menyewa jasa ojek tersebut dan ternyata memang jalannya cukup jauh, kami diantar sampai ke dekat timbangan, lumayan menghemat waktu.

Sampai di Pekalongan jam 16.30, hore... tapi berhubung sudah cape, kami hanya beristirahat di rumah saja dan tidak berwisata kuliner hehe... Pagi hari seperti biasa sarapan orang Pekalongan itu nasi megono, sebenarnya megono bisa di makan waktu makan siang atau makan malam juga, jadi yang namanya megono dijual setiap saat haha... Nah ini penampakan megono, tapi ini buatan sendiri yang beli ngga di foto.


Abis makan nasi megono, ada jajanan kesukaan, namanya srinthil, sepertinya terbuat dari tepung tapioka, tapi ngga tau juga ya, mau tanya sama yang jual, takut di jitak hihi.. ya sudahlah cukup menikmati kalo mudik saja.


Siangnya karena merasa kepanasan di dalam rumah, kami iseng-iseng rencananya mau ngadem nih di Carrefour, eh ngga taunya mereka ngga memaksimalkan AC nya, jadi dalam 1 deret AC hanya 3 atau 4 yang dinyalakan, jadi boro-boro mau ngadem, tetap aja kepanasan. Ya sudah sekalian panas, sekalian wiskul makan soto tauto (tauco) PPIP, ngga lengkap rasanya kalo mudik ngga makan soto ini hehehe... Mantap khan warnanya, kalo penyuka jeroan bisa minta pakai jeroan juga selain daging.


Sebenarnya sore hari itu wiskul di tutup dengan makan es durian di jl. merak, yang ya ampun, sekarang mahal dan dapat duriannya mungkin cuma 1,5 biji aja..ampun deh..... Oya lupa beli kepiting Kombor juga tapi lagi-lagi lupa di foto.

Besoknya perjalanan dilanjutkan ke Semarang, di Semarang ini ngga banyak wiskulnya, karena kendala punggung yang sakit dan kita selalu makan terlambat, jadi kalo mau berburu makanan lagi, kok kasian ama anak-anak yang sudah kelaparan. Yang sempat di beli itu cuma Loenpia Gg. Lombok dan oleh-oleh di Bandeng Juwana.

Hari Sabtu nya kami melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, tempat yang selalu ingin kembali ku datangi, mengingat setiap sudutnya, tapi sekarang terasa berbeda sekali, di sekitar kampus mulai banyak cafe, tempat karaoke, wah benar-benar mengagetkan melihatnya, Yogyakarta yang sekarang terlalu ramai.

Karena sempat pusing memikirkan tentang transportasi apa yang akan kita gunakan, jadinya kita pesan hotel itu bisa dikatakan amat sangat terlambat, untungnya ada guest house yang namanya bikin beberapa teman tertipu, bagaimana ngga tertipu namanya saja Rumah Mertua hihi... Guest ini walaupun letaknya jauh dari kota, tapi cukup enak tempatnya, homy dengan nuansa Jawa yang kental, yang bagus buat foto-foto hihi, tapi buat diriku sendiri aku ngga terlalu suka dengan suasananya pada malam hari, remang-remang dengan benda-benda kuno.

Ini ruang makannya, menarik khan settingannya.

Dan ini sebagian menu breakfast kita di pagi hari, yang hijau itu enak banget lho, sepertinya dari singkong tapi kelihatannya ngga cuma dari singkong aja, karena cukup lembut, sepertinya ada penambahan tepung.


Mau nyobain lotek Colombo kesayangan juga belum kesampaian, karena seringnya kalo siang kita berada di tempat-tempat main. Yang sempat kita cicipin itu mie nya Mbah Mo yang terkenal ruameeeee itu, walaupun sudah google tempatnya, ternyata masih nyasar juga hehe.... Mie nya menurut aku sendiri, sama aja rasanya dengan mie Jawa pada umumnya.


Akhirnya berakhir juga perjalanan satu minggu kami putar-putar di Jawa Tengah, semoga lain kali bisa menyempatkan makan-makan di tempat kenangan...

4 komentar:

  1. Lin, bikin blog juga akhirnya? or udah lama tapi gw gak tau :) have fun!

    BalasHapus
  2. Hi Pep, sorry baru ke baca komentar nya, baru beberapa bulan, mau nya rajin bikin blog, kembali nulis2, tapi ternyata kok penyakit malas masih nempel hehe.. semoga bisa ketularan rajinnya kamu ya.

    BalasHapus
  3. hai mbak....salam kenal, srinthil jajan kesukaanku juga, pernah bikin juga, enak banget...kl mau tahu caranya klik di ritaavriel.blogspot.com....tq

    BalasHapus
  4. salam kenal Mbak Ita... Thanks sudah mampir, maaf baru kebaca komen nya. Nanti aku mampir lihat2 isi blog nya

    BalasHapus