Senin, 24 Oktober 2011

Puding Cake Buah

Hush..hush... penyakit malas pergilah hehe... So mumpung lagi rajin mau posting puding cake buah yang sempat dibikin buat hantaran ke tetangga waktu lebaran kemarin.

Waktu bikin puding ini sempat deg2an, kira2 matang ngga ya ini si putih telur, takut dimarahin sama si Juna hehe emang ikutan masterencep, tanya sana sini, katanya sih matang, ya sutra dibikin deh.

Jeruknya beli yang kaleng kecil, kira2 250 gr yang asalnya bagian atas mau di tutup jeruk semua jadi batal deh, kurang banyak, akhirnya ditutup deh pake sisa buah2 koktail nya.

PUDING CAKE BUAH

Untuk 16 potong

Bahan Cake :
5 kuning telur
2 putih telur
60 gr gula pasir
40 gr terigu protein sedang
10 gr maizena
10 gr susu bubuk
60 gr mentega asin, lelehkan
1/4 sdt esens vanila

Cara Membuat :
1. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
2. Masukkan mentega asin leleh dan esens vanila sedikit sedikit sambil diaduk perlahan.
3. Tuang di loyang bulat diameter 22 cm tinggi 3 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
4. Oven 20 menit dengan api bawah suhu 190 C sampai matang.
5. Masukkan cake ke dalam loyang bulat diameter 22 cm tinggi 7 cm yang dialas plastik. Sisihkan
* Note : lebih baik menggunakan loyang bongkar pasang, soalnya kalo pake plastik dan masang plastiknya ngga rapi, pudingnya pun jadi berantakan.

Bahan Puding I :
400 ml susu cair
1 bungkus agar2
50 ml sirup leci ( aku pake air koktail)
3 putih telur
1/8 sdt garam
25 gr gula pasir
1 kaleng (250 gr) buah koktail, tiriskan

Cara Membuat :
1. Rebus susu cair dan agar-agar bubuk sampai mendidih. Tambahkan sirup leci. Masak lagi sambil diaduk sampai mendidih. Angkat dan biarkan hangat.
2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit2 sambil dikocok sampai mengembang.
3. Masukkan rebusan puding sedikit2 sambil dikocok perlahan sampai rata.
4. Tambahkan buah kaleng. Aduk sampai menyebar. Tuang adonan perlahan ke atas cake. Biarkan setengah beku.

Bahan Puding II :
250 ml air
1/4 bungkus agar-agar bubuk
1/4 sdt jeli instan
1 sachet (14 gr) sari jeruk instan (misal : nutrisari)
300 gr jeruk mandarin kaleng, tiriskan.

Cara Membuat :
1. Rebus air, agar-agar bubuk, dan jeli instan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan sari jeruk instan. Aduk rata.
2. Tuang sedikit di atas lapisan I. Biarkan setengah beku. Tata jeruk mandarin. Tuang lagi sisa rebusan agar-agar, bekukan.

Sumber : Majalah Sedap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar