Kamis, 20 September 2012

KBB#10 : Minted Shortbread Sticks and Caramel Pots

Tulsa, 30 Maret 2009

Tantangan kali ini bikin grogi juga, bikin caramel gitu lo, yang belum pernah aku lakuin dan entah kenapa sampai 4 kali percobaan ngga berhasil menaklukkan,ihik2, jadi deh setor apa adanya khan judulnya juga klub berani baking, xixixi.Terima kasih buat semua teman yang sudah memberi tips dan masukan mengenai caramelku. Shortbreadnya sendiri rasanya sudah pas, kalo gulanya dikurangi sampai 1/2 nya. Kalo karamelnya masih kemanisan. Oya ternyata tahap2an bikin shortbreadnya ngga ada satupun yang difoto hihihi begitulah kalo semua tinggal dicampur, jadi kelupaan. Akhirnya aku bikin lagi 1/2 resep dan karena tepung maizenanya abis, jadi aku cuma pake 25 gr (harusnya 50 gr), terus menteganya aku juga cuma pake 113,5 (1 stik) dan hasilnya menurut aku lebih kokoh, ngga ambyar.

Soal foto caramelnya, bukan maksudku menutupi karena gagal tapi dikarenakan baterai kamera abis, aku pake handycam, dan ngga tau gimana ngaturnya jadi cahayanya jelek sekali, over semua,bisa dilihat yang pake panci itu adalah percobaan pertama ku,  Foto yang lainnya yang pake pyrex itu hasil percobaan ke-2, tapi masih tetap gagal. Ok deh selamat menikmati....

Mint Shortbread Sticks

Bahan :
100 gr icing sugar --- aku cuma pake 50 gr
200 gr tepung terigu
100 gr maizena
250 gr mentega tawar,lunakkan
1 batang vanili,ambil bijinya --- aku pake vanili esens
1 batang daun mint,cincang (halus)

Cara :
1. Panaskan oven suhu 150 C, alasi loyang dengan baking paper
2. Campur semua bahan, dan aduk rata. Karena adonan lembek, masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es.



3. Gilas setebal 1 cm, bentuk sesuai selera. Aku ngga pake gilas, seperti itu saja, dikira2


4. Panggang selama 20 - 25 menit,hingga berwarna kecoklatan.


Caramel pots
Bahan :
125 gr gula
2 sdm air
125 ml susu
250 ml krim
3 kuning telur

Cara :
1. Masukkan gula dan air ke dalam panci, masak dengan api kecil, masak hingga berwarna coklat karamel


2. Campur susu dan krim di panci yang lain, hangatkan, jangan sampai mendidih. 
3. Masukkan campuran susu, ke dalam karamel, kocok dengan whisker.  Biarkan dingin sejenak


4. Kocok telur, beri sedikit campuran karamel, aduk rata, masukkan kembali ke dalam karamel, kocok dengan whisker.

5. Tuang ke dalam 4 ramekin. Panggang di dalam water bath dengan suhu 160 C selama 30 menit atau sampai set. Angkat, biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas untuk didinginkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar